24 Januari 2009

Hati-Hati, Password Ternyata Mudah Ditebak!

Password adalah suatu hal yang bersifat rahasia, tidak boleh ada orang lain yang yang tidak berhak mengetahuinya. Tapi percayakah anda bahwa peluang kita menebak password sesorang adalah 1:4. Peluang ini termasuk cukup besar dibandingkan menebak kombinasi 3 digit angka yang hanya berpeluang 1:1000.

Berdasarkan hasil survei, 1 dari 4 orang menggunakan waktu kelahirannya sebagai password. Kebanyakan dari mereka menggunakan format 6 digit, ddmmyy ( 2 digit tanggal, 2 digit bulan, dan 2 digit tahun, contoh: 240192) atau (mmddyy), meskipun ada juga yang menggunakan format lain. Tanggal lahir sangat mudah diingat bagi orang tersebut, bahkan hafal di luar kepala, karena hal itu merupakan hal penting baginya, namun tidak mudah diingat bagi orang lain.

Ini berarti cukup mudah bagi kita jika kita mengenal, minimal mengetahui tanggal lahir orang tersebut. Jadi, jika kita ingin menebak password seseorang, cobalah menggunakan cara di atas terlebih dulu.

Satu hal lagi, seseorang cenderung menggunakan pasword yang sama untuk setiap tempat. Sekali kita mengetahui password seseorang, ada kemungkinan besar password tersebut juga digunakan di tempat lain. Hal-hal di atas sering dilakukan dengan satu alasan, supaya lebih mudah diingat.

Jadi, yakinkah anda bahwa password anda tidak mudah ditebak orang lain?

Tidak ada komentar: